Ketika Sayo Jatuh Cinta

Namanya Sayo, tepatnya Sayonara. Jangan Tanya saya, kenapa ibunya tercinta memberi nama sedemikian unik. Karena Sayo sendiri pun tak paham bukan kepalang. Dia hanya pasrah, ketika teman-teman SD nya mengolok namanya dengan lagu khas masa kecil kita dulu “ Sayonara.. sayonaraaa.. “ . Sayo pun berkomentar “malu bukan kepalang”. Tapi apa daya, nama adalah nama. Sampai mati pun akan dia bawa.

Dari seluruh juru mudi di kantor saya, mungkin dia adalah salah satu yang paling gaya. Potongan rambut beda-beda tipis dengan vokalis ST 12, logat ciamis yang gak jelas antara sunda dan jawa. Juga ritual nyetir jauhnya yang unik : Pakai sarung tangan dan kacamata hitam. Kalau sudah begini, nyalinya tinggi, sama tingginya dengan gas yang ia tancap, saat kami semua tertidur lelap. Tapi kalau soal kenyamanan mengemudi, Sayo tak diragukan lagi. Sudah lulus defensive driving course katanya. “ Saya bisa tuh mbak, ngepot saat licin, maupun parker parallel hanya dalam satu putaran,” ujarnya sambil nyengir. Maka selama 16 jam perjalanan bolak balik Pangandaran, saya pun memasrahkan nyawa saya padanya.
Merem saja ketika dia ngebut di tol maupun sama-sama excited saat Sayo memutuskan membuntuti konvoi foraider yang membuat perjalanan kami super ceoat

Dari Sayo saya jadi mengerti, bahwa ternyata cinta bisa hadir di hati siapa saja. Tidak terkecuali pria keren berumur 28 tahun ini, yang menggantungkan nasib hidupnya dari pendapatan sebagai supir saja. Berkisahlah Sayo, kisah cintanya sudah melanglang buana, dari mantannya Sharly hingga yang kini ia jalani bersama TKI asal Solo, Sri Rejeki.

Jatuh bangun sudah dia rasakan mengecap cinta dari berbagai perempuan. Namun tidak ada yang berkesan seperti petualangan hatinya bersama Nur Azizah. Sayo bercerita, bersama Izah dunianya seolah benderang selalu “Kerja nyetir siang malam jadi semangat, supaya malam minggu saya bisa off dan pacaran dengan izzah,” katanya senyum-senyum sendiri. Sayo berkisah, baru dua kali bertemu izzah, Sayo memutuskan menyatakan cintanya dengan cara yang super romantis ala Sayonara. Menembak langsung hati Izzah saat mereka sedang mengayuh perahu bebek di bumi perkemahan Cibubur. Izzah pun tak berkutik, gayung cinta Sayo pun bersambut. Agar tak lupa Sayo mencatat hari jadi mereka di kalender HP nya.”Perempuan suka marah kalau kita lupa tanggal jadian”
Dan sejak itu, hanya bahagia saja yang ia fahami. Tak kenal lagi Sayo dengan lelah, karena hatinya meletup ingin cepat-cepat bertemu Izzah. “ Padahal kalau bertemu Cuma ngobrol saja,” ah Sayo pasti tak faham, ketika cinta menjelma, waktu hanyalah fenomena. Pernah suatu ketika, demi mewujudkan keinginan Izzah, pergilah mereka ke Monas, lalu hujan deras mendera.  Apa daya payung tak tersedia. Maka jaket Sayolah menjadi pelindung mereka satu-satunya. DI bawah jaket dan hujan, Izzah pun mampu mendengar degup jantung Sayo “ Kok deg-degan begini ya Zah” ujarnya. Sampai sekarang Sayo tidak pernah lupa akan rasa itu. “ wuih mbak, dahsyat” kata dia.

Kini hati Sayo berlabuh pada Sri Rejeki, meski belum pernah bertatap muka, Sayo mantap melempar jangkar hatinya pada Sri yang kini bekerja di Malaysia. Di mata Sayo, Sri mengajarkan arti kesetiaan yang sesungguhnya. “Dia gak pernah curiga, gak pernah marah kalau saya lama-lama gak telpon,” kenangnya. Maka setahun sudah mereka berbagi kasih, dan Sayo pun mantap menghabiskan sisa hidupnya bersama Sri. Tahun depan, janur kuning pun siap dikibarkan

Panah Dewa Cinta memang tak kenal siapa sasarannya. Sekali tertancap, membekas luar biasa. Seolah memberi energi bahwa kita bisa menaklukan dunia. Konon katanya, cinta seperti itu hanya hinggap sekali saja. Ah Sayo, dia juga berhak jatuh cinta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s