Tentang Luna Maya

Saat ini media sedang ramai mendramatisir komentar Luna Maya terhadap infotainment di twitter. Kenapa saya sebut dramatisir? karena kebanyakan infotainment mengemasnya menjadi sebuah cerita yang sebetulnya mendukung opini mereka. Bahwa Luna kelewatan, bahwa Luna tidak tahu diri. Bahwa Luna bukan sosok public figur yang baik. Beberapa infotainment bahkan mau bercapek ria mengambil komentar artis-artis lain untuk memberikan judgemet tentang tindakan Luna. Beberapa bahkan menampilkan sang wartawan sendiri  yang memberikan komentar. Lucu dan menggelikan.

Hanya berbekal sebaris komentar Luna sebagai manusia biasa, mereka bisa merangkai cerita dramatis tentang seorang artis yang melecehkan media. Reaksi pertama saya waktu lihat berita ini adalah : Kenapa Luna melakukan itu? namun baru setelah menonton beberapa infotainment, saya baru mendapatkan penjelasannya. Kenapa? karena sebagian besar infotainment sibuk menggarisbawahi komentar dan membenarkan opini mereka bahwa Luna kelewatan. Rupanya,Luna tersinggung ketika para kameraman tak cukup sabar menunggu dirinya, sehingga membuat anak kecil (siapapun anak itu) yang digendongnya terantuk kamera. Saya pernah jadi wartawan, jadi saya tau bagaimana hebohnya para juru kamera berebut mendapatkan spot terbaik. Dan terbentur kamera, bukanlah hal yang menyenangkan. Puncaknya tindakan PWI yang melaporkan Luna dengan UU ITE, menurut saya agak berlebihan. Hal seperti ini seharusnya bisa diselesaikan dengan musyawarah saja.

Saya memang gak punya alasan ilmiah dan teori mendalam untuk ini. Seperti biasa, opini saya hanya berdasarkan perasaan saya sebagai seorang manusia. Tapi begitu saya baca postingan Dewi Lestari di sini, saya tambah yakin, menjerat Luna dengan UU ITE bukanlah hal bijak. Maka saya berani bilang, saya mendukung Luna Maya, seperti mbak Prita mendukungnya. Setidaknya saya berharap lebih banyak orang membaca tulisan Dee melalui link di atas, dan mengerti konteks permasalahannya dengan lebih bijak.

Leave a Reply

