Those Parenting Moments..

Ketika jabatan ibu resmi disandang, selalu ada momen-momen setiap hari dimana saya merasa menjadi orang tua, betul-betul orang tua. Saat-saat seperti ini, selalu membuat saya tersenyum kecil dan merasakan rasa hangat menjalar di hati. Selalu..

Beberapa momen kecil itu adalah

Memindahkan Zee dan Aleeza ke kamar saat mereka tertidur di mobil, atau di depan tv. Membopong badan besarnya yang lunglai, selalu membuat saya merasa menggendong mereka saat masih bayi.

Mencium mereka saat lelap tertidur. Nafas yang teratur, wangi minyak telon campur keringat yang khas, dan perpaduan pipi lembut. Selalu membuat malam saya terasa sempurna

Kalau mereka nangis dan bangun tengah malam, lalu memanggil nama saya (well, karena pada malam-malam tertentu kadang nama neneknya yang dikumandangkan), bisa berbisik” bune disini nduk” , melihat matanya terbuka sesaat, melihat saya, lalu tidur lagi. Ah, berjuta rasanya

Menyisiri rambut mereka yang sering kusut, sambil ngobrol ngalor ngidul.

Kalau Aleeza bilang “big hug bune” atau “ butterfly kisses please”. Atau Zee bilang “umek bune, umek aku”. Kruntelan di kasur sama mereka dan ketawa-ketawa.

Juga ada saat-saat dimana saya tertegun, melihat Zee dan Deeza yang seolah tumbuh dalam sekejap mata saja. Seperti saat peringatan Hari Kartini lalu..

IMG_1089

IMG_1110

IMG_1122

IMG_1121

IMG_1124

IMG_1116

Sebagai ibu bekerja, saya tidak punya privilege mengantar anak setiap hari. Jadi saya berusaha meluangkan waktu ketika Zee akan kartinian di sekolah. Sama seperti tahun lalu, acaranya memakai baju daerah, lalu fashion show dan berbagai lomba.
Dan sama seperti tahun lalu, perlu waktu membujuk Zee untuk mau memakai baju daerah yang bentuk rok! Saya lalu membiarkan dia memilih baju sendiri.Zee memilih baju adat Jambi dan sudah wanti-wanti tidak mau memakai asesorisnya. Baeklah nak..

Dari dulu gadis kecil say a ini perlu waktu berada di keramaian. Dia akan memberi ruang pada dirinya untuk observasi, melihat apa yang ada di sekeliling untuk menentukan apakah dia akan nyaman bergabung dengan kerumunan. Saya mengerti itu, karena saya pun begitu. Dan untuk anak-anak seperti ini, berjalan fashion show beberapa meter saja sudah butuh berjuta keberanian.
Tapi melihatnya berjalan di catwalk mini dengan langkah awal yang malu-malu, lalu tersenyum dan melambai pada saya, membuat saya terharu sendiri. Iya, ini adalah salah satu momen parenting itu.. Momen dimana saya menyadari bahwa saya seorang Ibu. Saya tau, Zee menggugurkan banyak keraguan saat dia memutuskan berjalan, butuh keberanian untuk dia melambaikan tangan. Untuk itu saya bangga padanya. Super bangga!

Hari Kartini itu Zee ikut lomba mewarnai. Lomba pertama yang dia ikuti sepanjang hidupnya. Dari awal saya sudah wanti-wanti untuk sabar, tidak perlu cepat selesai, dan agar dia menikmati prosesnya. Dia tidak menang, tapi Zee menanggapi kekalahannya dengan santai. Dan ketika saya tanya apakah dia mau ikut lomba lagi, dengan semangat dia menjawab “Mau bune!”. Dan untuk ini, saya pun bangga padanya! Buat saya hari itu dia juara!

Ah Zee, dia memberikan saya begitu banyak pengalaman pertama. She is our star, the brightest one!

One thought on “Those Parenting Moments..

Leave a Reply

