Late post : Birthday note

Setiap Azma dan Aleeza ulang tahun, saya selalu menulis surat. Sebuah catatan kecil tentang apa yang saya ingat dan rasakan tentang pencapaian mereka setiap tahun. Tahun lalu Azma merayakan ulang tahun ke 5 sedangkan Aleeza ulang tahun ke 3. Ini adalah surat untuk mereka masing-masing, super telat memang, tapi dengan niat mendokumentasikan saya rasa bisa dimaafkan

ultah azma

Surat untuk Azma

Selamat ulang tahun kelima bintangku!

Jika bune bisa membekukan waktu, lalu menaruhnya dalam toples kenangan transparan, maka bune ingin mengabadikan rasa ingin tahumu yang tinggi.

Nak, tetaplah bertanya, tetaplah mempertanyakan. Setahun terakhir, seiring dengan berbagai pengalaman yang Mbak Zee dapatkan, rasa penasaranmu terhadap berbagai hal selalu membuat Bune senang.

Rasa penasaran akan membawamu pada petualangan. Pertanyaan yang tepat akan membawamu pada jawaban yang menakjubkan. Tataplah dunia dengan matamu yang selalu haus mencari fakta, rasakan dunia dengan hatimu yang haus mencari cinta, dengarkan bisikan semesta. Dengan cara ini sayangku, dunia akan menawarkanmu sejuta inspirasi.

Tetaplah bertanya, Bune bukan manusia serba tahu. Tapi Bune tidak akan pernah lelah mencari tahu. Pada pakne, mbahkung, hingga mbah google. Tahukah Mbak Zee semua penemuan besar di dunia dimulai dengan sebuah pertanyan?

Selain itu, bune ingin mengabadikan jiwa petualangmu yang luar biasa. Mbak Zee yang pemberani dan selalu suka tantangan. Mbak masih ingat ketika Mbak Zee menangis karena tidak bisa naik roller coaster karena tinggimu kurang? Atau ketika dirimu tergelak riang saat mengendarai bom bom car bersama pakne? Berpetualanglah nak, jelajahi bumi Tuhan. Jangan takut, karena Bune akan selalu ada di sampingmu.

Bune juga ingin mengabadikan jiwa anak-anakmu yang bebas. Yang hidup untuk hari ini, yang tertawa untuk sekarang. Bagimu, hanya detik ini saja yang berarti. Masa depan masih terlalu abstrak untuk dipikirkan, masa lalu sudah usang di matamu. Kelak, beginilah seharusnya dirimu menjalani hidup. Be present, nikmati hari!

Terakhir, dan dalam setiap doa, Bune selalu berharap dirimu sehat dan bahagia. Apapun keadaannya, tersenyumlah, buatlah orang lain tertawa

Selamat ulang tahun kelima bintangku, untuk bune, Mbak Zee adalah bintang paling terang di jagat raya. Meski pada malam mendung, ketika semua bintang bersembunyi, pendarmu selalu menyala di hati. Dan nyalanya selalu berhasil membawa bune pulang.

8 Agustus 2013,

Sun sayang
Bune

Surat untuk Aleeza

Dear Aleeza
Selamat ulang tahun matahariku..

Aleeza, setahun belakangan ini melihatmu tumbuh dari dekat sungguh menakjubkan. Kesempatan menjadi ibu rumah tangga 7 bulan lalu itu, membuat bune merasakan betapa indahnya menjadi seorang ibu. Mengajarimu bertutur kata lalu melihatmu bicara, mengenalkanmu pada segala permainan lalu melihatmu tertawa. Bune bahkan bisa dengan bangga melihat kemandirianmu yang tumbuh pesat, aleeza tidak pernah lagi makan sambil disuapi, dirimu senang melakukan segalanya sendiri.

Dari dekat, bune bisa melihat kecerdasanmu. Bagaimana dirimu begitu lihai melompat, memanjat, berlari kencang, berjongkok, bahkan koprol jumpalitan. Ade selalu senang menyanyi dan menari, tak perlu lama mengajarimu nada, karena telingamu dengan mudah menangkap berbagai nyanyian. Hati bune pun bangga tak terkira, ketika ade mampu tidur sendiri tanpa perlu nenen lagi. Meski bune tahu prosesnya membuatmu sedih, tapi bune juga tahu aleeza belajar menjadi lebih dewasa.

Melihatmu mampu berbagi dengan Mbak Zee, selalu mencarinya ketika dia tak ada, dan selalu tergelak atas berbagai kelucuan yang Mbak Zee berikan, membuat bune selalu kangen .

Ah aleeza, sampai sekarang, tawa cilikmu yang riang menyambut bune pulang selalu bune rindukan. Caramu memanggil bune, caramu mencium pipi bune setiap malam, dan caramu memeluk bune selalu menyisakan hangat di hati. Aleeza juga semakin unik, semakin senang pakai rok, kalung dan berbagai asesori. Tersenyum-senyum sendiri saat bune mengecat kukumu. Tumbuhlah sempurna nak, lakukan hal-hal yang membuatmu bahagia.

Jadi jangan pernah menyerah melakukan berbagai tantangan. Jangan pernah biarkan dunia menilai hal-hal yang tidak bisa engkau lakukan. Jangan percaya pada mereka yang bilang dirimu tidak mampu, abaikan mereka yang mengatakan dirimu tidak bisa.

Aleeza adalah matahari bune, gadis cilik yang tawanya selalu mampu menghangatkan rumah. Sumber energy bune untuk selalu semangat bekerja, menjadi ibu yang lebih baik lagi. Menjadi ibu yang meluangkan waktu lebih banyak untuk membacakan buku , bermain lem dan gunting, menjadi apapun yang dirimu mau.

Selamat ulang tahun aleeza, ade adalah matahari bune. Hanya satu dan terlahir sempurna.

3 Agustus 2013

peluk sayang
bune

3 thoughts on “Late post : Birthday note

  1. Okty Seftyna Dewi says:

    Sungguh Mbak Astri aku begitu terharu antara sedih dan ikut bahagia.
    Bune, membacanya membuatku menangis . Ku teringat calon buah hatiku yang sekarang sudah menuju jannahNya. Saat ku membaca keceriaan dan sumringah gelak tawa Dek Aleeza dan Kak Azma rasanya ingin saja kupeluk mereka. Subhanalloh, semoga sehat selalu ya Nak.

    Salam sayang dari Tante Dewi, di Ponorogo
    oktiseftinadewi.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s